Hapus Jejak Emisi Karbon di Bumi, Mangrove Tag Lakukan Pendampingan Penanaman dan Pemantauan 100 Bibit Mangrove kepada PT Tikamoon Sourcing Indonesia di SMC Jateng

Semarang – Mangrove Tag. Mangrove Tag kembali melakukan program pendampingan penanaman dan pemantauan bibit mangrove, kali ini kepada PT Tikamoon Sourcing Indonesia (PT Tikamoon). Bibit mangrove sejumlah 100 bibit sukses ditanam di kawasan tambak Semarang Mangrove Center (SMC) Jawa Tengah (Jateng). (4-6-2023).

Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB yang diawali dengan sambutan-sambutan dari Julien Malaise (PT Tikamoon), Paspha G. M. Putra (Mangrove Tag), dan Anwar Nuardi (KENARI).

“Saya ucapkan terima kasih kepada Mangrove Tag dan KENARI atas dukunganya sehingga kami bisa ikut menjaga bumi dengan cara menanam mangrove dalam rangka Hari Lingkungan Dunia,” kata Julien. “Ini pertama kalinya kami melakukan aksi tanam mangrove. Harapannya, kami bisa melakukannya secara kontinyu di masa mendatang,” tambahnya.

Proses penanaman bibit mangrove.

Paspha dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada PT Tikamoon yang sudah ikut peduli dengan lingkungan pesisir, khususnya di SMC Jateng, mengingat banyak manfaat yang akan dihasilkan dari penanaman mangrove yang telah dilakukan.

“Selain manfaatnya untuk lingkungan sekitar, mangrove juga dapat menyimpan karbon lebih besar apabila dibandingkan dengan hutan hujan tropis di darat,” kata Paspha. “Harapannya, mangrove yang ditanam akan bisa tumbuh dengan baik dan subur mengingat peran pentingnya bagi kehidupan bumi,” tambahnya.

Hasil penanaman bibit mangrove.

Kegiatan dilanjutkan dengan edukasi mengenai ekosistem mangrove dan cara menanam mangrove, kemudian dilanjutkan dengan aksi tanam mangrove bersama. Peserta tampak antusias dalam melakukan penanaman.

“Ini pertama kalinya saya menanam mangrove. Cukup seru, menarik, dan sangat berbeda dengan menanam tanaman lainnya,” kata Geovanni. “Pengalaman yang seru dan wajib untuk diulang. Semoga saya bisa ikut melakukan penanaman mangrove lagi untuk acara yang akan datang,” imbuhnya.

Keseluruhan acara berlangsung dengan baik dan lancar yang diakhiri pada pukul 11.00 WIB dengan bersih diri dan foto bersama. (ADM/BJL).