Bisa Hapus Jejak Emisi Karbon di Bumi, Hasil Pemantauan-Mangrove Mangrove Tag Mei 2024: Persentase Kelulushidupan Bibit Mangrove PT Bantu Indonesia Bersama di SMC Jateng Capai 62,08%

Semarang – Mangrove Tag. Mangrove Tag kembali melakukan kegiatan pemantauan mangrove berupa monitoring dan evaluasi (monev) dan penyulaman 300 bibit mangrove jenis Rhizophora mucronata di SMC Jateng. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari program pendampingan penanaman dan pemantauan 1.200 bibit mangrove yang sudah dilakukan oleh Mangrove Tag kepada PT Bantu Indonesia Bersama, beberapa waktu yang lalu. (20/5/2024).

Rena Sagita (Staf Manajer Humas dan Lapangan) dan Bambang J. Laksono (Staf Manajer Humas dan Lapangan) mulai melakukan pemantauan pukul 08.00 WIB. Pemantauan ini dilakukan setelah tiga bulan pasca penanaman dengan cara menghitung jumlah bibit mangrove yang tumbuh, berikut tingginya.

Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa persentase kelulushidupan bibit mangrove sebesar 62,08% dan pertumbuhannya 16,98%. Angka tersebut termasuk tinggi, mengingat kondisi di kawasan pesisir yang sangat dinamis.

“Kelulushidupan bibit mangrove yang telah ditanam tergolong tinggi. Hal ini, mengingat bibit yang terendam air ketika pasang maupun surut. Seperti diketahui bahwa bulan ini memasuki periode pasang surut yang tinggi,” kata Rena. “Meskipun demikian, bibit mangrove tersebut tetap dapat beradaptasi dengan sangat baik,” lanjutnya. 

Setelah melakukan monev, juga dilakukan penyulaman terhadap bibit mangrove yang gagal tumbuh, yaitu sebanyak 300 bibit. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan persentase kelulushidupan bibit mangrove agar dapat memainkan perannya dalam menghapus jejak emisi karbon di bumi.

“Pemantauan mangrove ini untuk melihat kondisi terkini pertumbuhan bibit mangrove yang telah ditanam. Kegiatan seperti ini perlu dilakukan secara konsisten agar bibit mangrove tetap dapat tumbuh dengan optimal,” kata Bambang..

Keseluruhan kegiatan berjalan dengan baik dan lancar yang ditutup pada pukul 12.00 WIB dengan pendokumentasian kegiatan untuk pembuatan laporan. (RS/AP/ADM).