Rayakan Ultah Ke-4, Mangrove Tag Dampingi CSR ARTOTEL Gajahmada Semarang Hapus Jejak Emisi Karbon dengan Tanam 100 Mangrove di SMC Jateng

Semarang – Mangrove Tag. Dengan tujuan untuk menghapus jejak emisi karbon di bumi dan mencegah abrasi pantai di kawasan pesisir Semarang Mangrove Center (SMC) Jawa Tengah (Jateng), Mangrove Tag kembali melakukan kegiatan pendampingan penanaman dan pemantauan 100 bibit mangrove kepada 20 orang dari CSR ARTOTEL Gajahmada Semarang (28/6/23).

Kegiatan bertajuk “Mangrove Planting” ini, diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ARTOTEL Gajahmada Semarang yang ke-4. Acara penanaman juga dibantu oleh Kelompok Ngebruk Lestari (KENARI), selaku pegiat mangrove di SMC Jateng.

Acara dimulai dengan pembukaan, sambutan, simbolisasi penyerahan bibit dan penanaman mangrove bersama, mulai dari pukul 11.00 – 14.00 WIB.

Anwar Nuardi (Ketua KENARI) mengapresiasi dan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada ARTOTEL Gajahmada Semarang dan Mangrove Tag, sembari berharap bahwa dengan adanya kegiatan penanaman mangrove ini, maka akan menjadikan kawasan mangrove di pesisir SMC Jateng lebih hijau dan rindang lagi.

Keseruan menanam mangrove di SMC Jateng.

“Dengan adanya penanaman mangrove ini, kami juga mengharapkan kesejahteraan warga di desa kami akan dapat meningkat, karena ketika mangrove banyak dan subur, maka kami juga akan merasakan dampak positifnya,” tutur Anwar.

Anwar menambahkan bahwa selain mencegah abrasi, maka bibit mangrove yang tumbuh besar, juga akan dapat menghalangi air pasang bahkan badai yang menerjang rumah-rumah warga di pesisir SMC Jateng. Mangrove juga dapat diolah menjadi aneka makanan dan minuman untuk dijual sebagai tambahan penghasilan mereka.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Mangrove Tag dan KENARI yang telah mengizinkan dan memfasilitasi kegiatan penanaman dan pemantauan mangrove kami. Aksi penanaman ini merupakan salah satu wujud syukur kami kepada Tuhan atas keberlangsungan ARTOTEL Gajahmada Semarang yang sudah masuk di tahun ke-4,” kata Herwindo Aryo Kusumo (General Manager ARTOTEL Gajahmada Semarang). “Harapan kami adalah, bibit mangrove yang kami tanam bisa tumbuh subur dan bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat pesisir di SMC, juga dapat menghapus jejak karbon di bumi,” lanjutnya.

Foto bersama selepas menanam mangrove.

Paspha Ghaishidra Muhammad Putra (Manajer Hubungan Masyarakat) berharap bahwa dengan adanya kegiatan penanaman dan pemantauan mangrove ini, maka Mangrove Tag dan ARTOTEL Gajahmada Semarang akan dapat ikut berkontribusi dalam upaya kegiatan penghijauan di kawasan pesisir Semarang, pada khususnya dan Jawa Tengah, pada umumnya.

“Kedepan, semoga Mangrove Tag dan ARTOTEL Gajahmada Semarang terus dapat bersinergi dalam program rehabilitasi mangrove di kawasan pesisir di Semarang bahkan Jawa Tengah, mengingat mangrove berperan penting dalam menghapus jejak karbon di bumi,” ujar Paspha.

Keseluruhan acara berjalan dengan baik dan lancar yang ditutup dengan bersih diri, makan siang dan foto bersama. (BJL/AP/ADM).