Hasil Pemantauan Mangrove IKAMaT Januari 2023: Persentase Kelulushidupan Bibit Mangrove PT PLN Pusat Manajemen Proyek di Semarang Mangrove Center Capai 84,6%

Semarang – Mangrove Tag. IKAMaT kembali melakukan Program Pemantauan Mangrove di Semarang Mangrove Center (SMC) Jawa Tengah (Jateng). Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi bibit mangrove sebagai hasil dari Program Pendampingan Pemantauan dan Penanaman Mangrove yang sudah dilakukan oleh IKAMaT kepada PT PLN Pusat Manajemen Proyek (Pusmanpro). (24/1/2023).

Kegiatan diawali dengan perjalanan menuju ke SMC Jateng. IKAMaT yang diwakili Bambang Jati Laksono (Staf Manajer Humas) menuju ke SMC Jateng dan tiba di lokasi pada pukul 10.00 WIB.

Setiba di lokasi, Bambang bertemu Anwar (Koordinator Kelompok Tani Mangrove), selaku mitra kerja IKAMaT. Dia menjelaskan bahwa kondisi bibit mangrove yang sudah ditanam oleh IKAMaT dan PLN Pusmanpro di SMC Jateng berhasil tumbuh dengan baik.

“Sebagian besar bibit mangrove yang sudah ditanam tumbuh dengan subur,” kata Anwar. “Hampir semuanya hidup, hanya beberapa saja yang mengering dan dimakan oleh kambing,” lanjutnya. 

Bambang menambahkan bahwa bibit mangrove yang sudah ditanam memiliki kelulushidupan yang tinggi, mencapai 84,6%, dengan persentase pertumbuhan dari awal penanaman hingga tiga bulan terakhir sebesar 26%.

Kegiatan yang berakhir pada pukul 13.00 WIB ini, dilakukan dengan cara mengukur diameter batang, jumlah daun tumbuh dan melihat kondisi kesehatan daun.

Keseluruhan kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, yang diakhiri dengan pendokumentasian kegiatan di lapangan untuk pembuatan laporan. (BJL/ADM).