IKAMaT Lakukan Pendampingan Penanaman dan Pemantauan 600 Bibit Mangrove kepada Universitas Diponegoro dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kedaireka

Jepara – Mangrove Tag. IKAMaT kembali melakukan program pendampingan penanaman dan pemantauan mangrove. Kali ini, kepada Universitas Diponegoro (UNDIP) dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kedaireka di Taman Mini SDGs, MECoK Ecopark, Marine Science Techno Park (MSTP) UNDIP, Teluk Awur, Jepara. (20/11/2022).

Persiapan penanaman mangrove.

Kegiatan yang diikuti oleh para mahasiswa UNDIP ini, bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mereka agar dapat belajar secara langsung dengan alam sehingga dapat memiliki pengalaman di luar kampus, dalam rangka meningkatkan pola pikir mereka.

Serunya menanam mangrove di MECoK Ecopark.

Acara yang berlangsung mulai dari pukul 09.00 – 16.00 WIB ini, tak hanya diisi dengan agenda penanaman mangrove saja, melainkan juga pengenalan infrastruktur yang terdapat di Taman Mini SDGs, MECoK Ecopark, diantaranya museum mangrove, smart garden, rain garden, transformative learning, toilet pintar, solar tree dan lain-lain kepada para peserta.

“Acara penanaman mangrove dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan menanam 600 bibit mangrove jenis Rhizophora,” kata Gagas Tri Pamungkas (Manajer Lapangan). “Setelah menanam mangrove, para peserta melakukan pengamatan jenis-jenis mangrove, melihat tambak dan melakukan bersih pantai.

Pada kesempatan ini, Gagas menjelaskan mengenai fungsi dan manfaat ekosistem mangrove secara ekologi, fisik, ekonomi dan sosial budaya.

Hasil penanaman bibit mangrove.

Para peserta yang berjumlah kurang lebih 70 orang ini, nampak antusias mengikuti acara. Pada saat menanam mangrove, sebagian besar dari mereka mengaku baru pertama kali mengikuti kegiatan penanaman mangrove.

“Saya berterima kasih kepada IKAMaT yang telah mengajarkan saya dan teman-teman tentang teknik menanam bibit mangrove yang baik dan benar,” kata salah satu peserta. “Dari kegiatan ini, saya jadi tahu bahwa hutan mangrove memiliki fungsi dan manfaat yang luar biasa besarnya dalam menyokong kehidupan di bumi,” lanjutnya.

Keseluruhan acara berlangsung dengan baik dan lancar yang ditutup dengan bersih diri, makan siang dan foto bersama. (GTP/AP/ADM).