Mangrove Tag adalah Patroli Pemantauan Ekosistem Mangrove dengan jargon Petakan Mangrovemu! Mangrove Tag merupakan sebuah platform pemetaan-mangrove berbasis partisipasi masyarakat, yang mengumpulkan data dan fakta mangrove di lapangan, yang dikirimkan langsung oleh masyarakat.

Diinisiasi oleh Bagus Rahmattullah Dwi Angga dan Aris Priyono sejak tahun 2018, keduanya adalah Alumni KeSEMaT, MT mencoba menemukan solusi atas sulitnya mengetahui kondisi eksisting ekosistem mangrove secara real time.

Berada dibawah manajemen Mangrove Map, Mangrove Tag berusaha mengumpulkan informasi mangrove yang terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu (1) Jenis, (2) Penelitian, (3) Pembibitan, (4) Penanaman, (5) Monitoring, (6) Ekowisata, (7) Kerusakan dan (8) Lainnya.

Materi utama yang dikirimkan kepada Mangrove Tag adalah foto atau video beserta koordinat lokasinya, sehingga narasi yang disertakan, hanyalah merupakan informasi tambahan.

Dengan konsep pendekatan seperti ini, maka diharapkan kedepan, Mangrove Tag dapat dijadikan salah satu acuan dalam memetakan potensi SDA mangrove di Indonesia, bahkan dunia. Tertarik berbagi informasi mangrove terkini di daerah Anda masing-masing? Mulailah dengan Add Listing.